Tips and Tricks Google Adsense

Rabu, 12 Mei 2010

Panduan Penyaring Iklan Kompetitif.

Google AdSense menyediakan fungsi untuk mencekal iklan tertentu agar tidak muncul pada laman. Meskipun iklan Google sangat ditargetkan ke konten laman, mungkin terdapat situasi yang membuat Anda tidak ingin menampilkan iklan tertentu, misalnya Anda mungkin ingin mencekal iklan yang mengarah ke situs pesaing.
Filter iklan pesaing berfungsi mencekal iklan yang tertaut ke URL tertentu. Dengan demikian, Anda dapat mencekal semua iklan yang tertaut ke pesaing di www.example.com dengan mudah. Dengan memasukkan domain tingkat atas seperti www.example.com, Anda juga akan mencekal semua iklan yang tertaut ke subdirektori di bawah domain itu. Aturan berikut berlaku untuk filter iklan pesaing:
  • Memasukkan example.com akan mencekal iklan di example.com dan example.com/sub
  • Memasukkan example.com juga akan mencekal iklan di www.example.com dan forums.example.com
  • www.example.com akan mencekal iklan di www.example.com, namun tidak di forums.example.com atau example.com
  • example.com/sub tidak akan mencekal iklan di example.com/products atau example.com/sub/index.html
Secara umum, sebaiknya jangan sertakan 'www' di URL dalam daftar filter agar pemfilteran lebih luas.

Panduan ini terdiri dari dua bagian:

  1. Menggunakan Filter Iklan Pesaing
  2. Menemukan URL Iklan
1. Menggunakan Filter Iklan Pesaing 


Dengan 5 langkah mudah di bawah ini, kami akan menunjukkan cara menyiapkan filter iklan pesaing dari akun AdSense.
  • Untuk mengedit daftar filter, masuk ke akun AdSense Anda.
  • Klik tab Penyiapan AdSense.
  • Klik tautan Filter Iklan Pesaing. Laman ini akan menampilkan URL yang sedang difilter untuk akun. Jika Anda menggunakan filter untuk pertama kalinya, kotak teks akan kosong.
  • Pilih subtab produk yang sesuai, lalu klik Tambah/Edit Situs.
  • Salin URL dari iklan ke daftar filter. Terdapat beberapa cara untuk menemukan URL ini. Keduanya dijelaskan secara detail di bawah ini.
  • Klik Simpan Perubahan untuk menambahkan situs ini ke filter iklan pesaing. Biasanya diperlukan 30 menit agar perubahan diterapkan, sehingga untuk sementara Anda akan tetap melihat iklan untuk situs ini pada laman. Jika iklan yang difilter tetap muncul setelah sehari, bisa hubungi pihak Google.


2. Menemukan URL Iklan 


Untuk mencekal iklan, Anda harus memasukkan URL tayangan atau URL tujuan ke filter. URL tayangan adalah URL yang tampil dalam teks iklan. Tidak semua iklan memiliki URL tayangan; bergantung pada format iklan yang digunakan, Anda mungkin harus menggunakan URL tujuan iklan agar dapat memfilternya dengan benar.
Terdapat dua metode untuk menemukan URL tujuan iklan: Alat Pratinjau AdSense dan melihat tautan Properti. Sebaiknya gunakan alat pratinjau karena mudah digunakan dan memiliki beragam fungsi.

Alat Pratinjau AdSense

Alat Pratinjau AdSense merupakan tambahan pada menu klik kanan di peramban Internet Explorer 6.x. Alat ini menawarkan kemampuan untuk melihat iklan yang akan muncul pada laman dan menampilkan URL tujuan iklan ini hanya dengan beberapa kali klik.
Untuk mengunduh Alat Pratinjau AdSense dan membaca seterusnya tentang fitur alat ini, harap kunjungi https://www.google.com/support/adsense/bin/topic.py?topic=160?hl=id.



Untuk menemukan URL tujuan:
  • Ramban ke laman berisi iklan yang ingin Anda filter.
  • Klik kanan di mana pun pada laman. Dari menu munculan yang tampak, pilih Alat Pratinjau Google AdSense. Alat ini akan terbuka di jendela baru.
  • Pilih kotak centang di dekat setiap iklan yang ingin dicekal dari laman, lalu klik Tampilkan URL yang Dipilih. URL tujuan iklan yang dipilih akan muncul.
  • Salin dan tempel URL ke kotak teks filter iklan pesaing dalam akun penayang AdSense, lalu klik Simpan Perubahan.
Catatan : Mungkin diperlukan waktu hingga 30 menit agar iklan yang tertaut ke URL ini difilter dari laman.


Melihat tautan Properti

URL tujuan lengkap setiap iklan terdapat dalam properti tautan. Anda dapat melihat kode tautan untuk menemukan URL tujuan:
  1. Klik kanan judul iklan, lalu pilih Salin Pintasan (IE) atau Salin Lokasi Link (Firefox).
  2. Buka editor teks, seperti Notepad, lalu tempelkan pilihan ke editor teks. Untuk menempelkan, pilih Tempel dari menu Edit editor teks.
  3. URL tujuan iklan adalah teks antara 'adurl=' dan '&'. Misalnya, salinan URL akan muncul sebagai berikut (contoh dipersingkat dengan elipsis):
  4. http://pagead2.googlesyndication.com/pagead/adclick?sa=l&(...)&adurl=http://www.blogger.com/signup.g&client= atau http://www.googleadservices.com/pagead/adclick?adurl=http://www.blogger.com/signup.g&sa= URL tujuan dalam contoh di atas adalah http://www.blogger.com/signup.g
  5. Salin dan tempelkan nilai ini ke kotak teks filter iklan pesaing dalam akun AdSense, lalu klik Simpan Perubahan. Mungkin diperlukan waktu hingga 30 menit agar iklan yang tertaut ke URL ini difilter dari laman.

7 komentar:

  1. tapi sayang, adsense account saya sudah di banned, padahal tinggal kirim uangnya saja...

    BalasHapus
  2. Sekalipun account saya masih belum di setujui oleh google adsense. Tetapi info ini sangat berguna terutama untuk antisifasi. Terima kasih dan sukses selalu.

    BalasHapus
  3. Terima kasih tambahan ilmunya..

    BalasHapus
  4. Simak dulu ahh .....

    Buat yang ke-banned, ane ada obatnya nih. :)

    BalasHapus